Pentas PAIS, “Memantapkan Keberagaman, Merawat Keberagaman”

Dalam rangka meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam khususnya di bidang Seni Islam, Kamis kemarin (10/8), Kementerian Agama menyelenggarakan Pekan Ketrampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAIS) tingkat Kabupaten Blora tahun 2017, yang bertempat di SMP Negeri 2 Blora.

Pentas PAIS yang mengangkat tema “Memantapkan Keberagaman, Merawat Keberagaman” ini diikuti sebanyak 252 siswa beragama Islam dari SD hingga SMA se-Kabupaten Blora. Sebanyak 12  kegiatan yang dilombakan diantaranya Lomba Musabaqoh Hifdzil Qur’an untuk tingkat SD yang dibedakan dengan kategori putra dan putri serta Lomba Musabaqoh Hifdzil Qur’an untuk tingkat SMP, kemudian juga Lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an untuk tingkat SMP dan SMA/SMK. Lomba Pidato/ Ceramah bertema Islam tingkat SD, SMP, SMA/SMK, Lomba Cerdas Cermat di tingkat SD, Lomba Seni Kaligrafi untuk tingkat SMP serta Lomba Debat dengan tema Islam untuk siswa tingkat SMA/SMK.

Aksi dan karya peserta Pentas PAIS Tingkat Kabupaten Blora 2017

Penyelenggaraan Pentas PAIS ini nantinya juga akan dilaksanakan di tingkat Provinsi dan juga di tingkat Nasional. Dimana peserta lomba yang mendapatkan juara I di setiap cabang lomba akan menjadi perwakilan Kabupaten Blora di Pentas PAIS tingkat Provinsi Jawa Tengah yang akan dilaksanakan pada 28-31 Agustus 2017 di Asrama Haji Donohudan Solo. Sedangkan Pentas PAIS di tingkat Nasional rencananya akan diselenggarakan di Aceh.

Dengan diadakannya Pentas PAIS ini selain untuk pengembangan kepercayaan diri, potensi dan kreativitas siswa juga diharapkan dapat menciptakan aspek emotional quotient (EQ) dan aspek spiritual Quotient(SQ) bagi siswa. Kedepannya nanti siswa dapat lebih peduli terhadap kesenian Islam sehingga membawa pengaruh positif bagi watak dan keperibadian siswa agar berbudi pekerti luhur dan berakhlakul karimah.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*